LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMPEROLEH SERTIFIKASI

SNI 19-14001-2005 (ISO 14001-2004)

Pendahuluan 

Semua komponen dari sistem pengelolaan lingkungan harus dikoordinasikan dengan fungsi-fungsi organisasi yang penting lainnya, terutama pada tingkat kebijaksanaan. Sebagai contoh, kebijaksanaan-kebijaksanaan, tujuan dan sasaran dari bagian keuangan, bagian operasi, dan keamanan harus dipertimbangkan; dan bila mungkin, diseleraskan dengan bagian lingkungan.

 

Bila suatu organisasi telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 atau sekurang-kurangnya dalam proses untuk memperolehnya, banyak waktu yang dapat dihemat. Sebagai contoh, hal-hal yang telah dipersiapkan untuk sertifikasi ISO 9001 dapat digunakan untuk ISO 14000 dengan hanya sedikit perubahan. Prosedur personel dan organisasi, perekaman/pencatatan dan pengawasan dokumen, audit dan tinjauan manajemen. Banyak bagian lain dari ISO 9000 dapat digunakan sebagai titik awal; namun demikian beberapa modifikasi akan perlu dilakukan, contohnya pada bagian pengadaan, perlu disesuaikan dengan standar ISO 14000.

 

Banyak organisasi telah memulai proses pengelolaan lingkungan karena itu titik awal dari proses sertifikasi akan bebrbeda untuk tiap organisasi tergantung pada berapa lama mereka telah melakukan kegiatan operasional dan seberapa rinci sistem lingkungan mereka saat ini.

 

Penilaian awal dan definisi kegunaan

Sebelum suatu organisme memulai usaha desain dan implementasi secara besar-besaran, suatu penilaian awal terlebih dahulu harus dilakukan. Hal ini akan membantu menentukan hal mana yang sebenarnya membutuhkan sistem pengelolaan lingkungan yang baru. Sebagai contoh, apakah manajemen eksekutif telah membuat suatu kebijakan yang efektif ? bila sebagian besar sistem utama telah ada pada tempatnya, maka penilaian awal akan menunjukan bagian mana yang memerlukan perbaikan. Dokumen penilaian awal yang sifatnya formal tidak disyaratkan dalam sertifikasi. penilaian harus mengidentifikasi dokumen-dokumen, tindakan-tindakan dan prosedur yang diperlukan untuk memperoleh sertifikasi seperti pernyataan kebijakan, sistem pengelolaan, perencanaan, kegiatan operasional, personel, pelatihan dan tujuan yang ingin dicapai.

 

Suatu definisi harus dibuat sehubungan dengan penilaian awal tersebut. Kegunaan dapat berupa, menjaga lingkungan dengan lebih baik, untuk memperoleh sertifikasi ISO 14001, untuk lebih efektif dalam segi biaya, untuk memperbaiki hubungan baik dengan masyarakat, untuk meningktakan ketertarikan pasar, dan kegunaan lainnya.

 

Agar berhasil, keseluruhan usaha memperoleh sertifikasi harus diringkas dan disajikan dalam penilaian awal dan disetujuan oleh manajemen puncak dari organisasi. Penilaian awal harus disajikan pada manajemen puncak dengan gaya yang menarik perhatian mereka. Presentasi ini dapat diberikan oleh manajer lingkungan organisasi itu atau seorang konsultan dari luar. penilaian awal dapat berupa pernyataan-pernyataan lisan atau tertulis, tergantung pada situasi, contohnya, hal tersebut dapat dikemukan pada pertemuan rutin manajemen perusahaan.

Selanjutnya bab-vii-b-.doc

 

Iklan